Data adalah informasi yang mengandung arti. Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan, pengambilan keputusan, pengumpulan informasi dan masih banyak lagi. Data sangat dibutuhkan karena informasi yang ada memiliki arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun dimasa mendatang.
Sedangkan database adalah sebagai pengatur, pengolahan serta penyajian informasi tersebut. Database adalah suatu kumpulan data-data yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk informasi yang sangat berguna.
Databaase dalam Ms Acces itu sendiri memiliki pengertian ,
Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi. Antar tabel yang satu
dengan yang lain saling berelasi, sehingga sering disebut basis data relasional. Relasi antar tabel dihubungkan oleh suatu key, yaitu primary key dan foreign key.
Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama. Contohnya : data mahasiswa, data dosen, dll. Demikian juga, kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data dosen, data-data keuangan dan lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam data, misalkan dapat berupa program, lembaran-lembaran untuk entry (memasukkan) data, laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database.
::
DEFINISI DASAR:
------------------
Database: Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
Data: fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu
Tabel : Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record
Field : disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data.
Record : disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom/field
----------------------------------------------------------------------------------------
Untuk menyimpan informasi dibutuhkan table, salah satu contoh bentuk table adalah sebagai berikut:
Database secara mudah dapat digambarkan sebagai kumpulan dari tabel-tabel yang saling berelasi dan membentuk suatu tujuan tertentu.
Contoh : Database Akademik, Database Perusahaan, dll
Salah satu aplikasi yang biasa dipergunakan untuk mengolah database (basis data) ialah Microsoft Acces. Microsoft Access adalah salah satu dari Relasional Database Management System (DBMS). DBMS adalah sebuah program yang memiliki fasilitas penyimpanan dan pemanggilan struktur informasi pada sistem komputer.
Selain tabel, sebuah file database Access juga berisi bermacam-macam obyek database yang lain diantaranya:
Queri untuk mengorganisasi data,
Forms untuk berinteraksi dengan data pada layar,
Reports untuk mencetak hasil,
Macros dan program Visual Basic untuk memperluas fungsionalitas dari aplikasi database.
Semua obyek ini disimpan dalam file
.mdb
Dalam Access, ada 3 (tiga) cara untuk membuat database:
1. Membuat database baru.
Pilihan yang digunakan adalah : Blank Access database.
2. Menggunakan database wizard.
Pilihan yang digunakan adalah : Access database wizard, pages and projects.
3. Menggunakan database yang sudah pernah dibuat .
Pilihan yang digunakan adalah : Open an existing file.
Langkah-langkah untuk menjalankan microsoft access adalah :
Siapkan instalasi Microsft Acces yang merupakan satu paket dengan Microsft Office.
Pilih menu Microsft Acces pada menu yang tersedia dalam windows.
Untuk membuat Database Baru(Blank Database), buka menu File, lalu pilih New. Lalu klik Blank Database.
Akan muncul kotak dialog save. Simpan database baru dengan nama yang sesuai dengan informasi yang akan dibangun serta letakan pada folder directory yang telah disiapkan.
Pilih object yang diinginkan. Jika ingin membuat table, maka pilih object table dan pilih create table. Jika ingin membuat Query maka juga pilih object Query dan seterusnya.
>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berilah Komentar di Artikal ini sobat !!!!!!!