Selasa, 12 Februari 2013

VISI DAN MISI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Visi STMIK AMIKOM Purwokerto adalah "Unggul Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dengan Menyiapkan SDM Berkualitas Berjiwa Technopreneur di Tahun 2016".
Visi tersebut dirumuskan melibatkan beberapa pihak dengan terlebih dahulu membentuk Tim Perumus di tingkat institusi yang diperkuat dengan surat keputusan dari Ketua. Kemudian tim perumus akan mempelajari sejumlah dokumen yang menjadi acuan secara internal seperti Statuta, Rencana Strategis (Renstra), Rencana Operasional (Renop). Selanjutnya poin-poin penting dari dokumen tersebut didiskusikan dengan mempertimbangkan dokumen eksternal seperti Dokumen Direktorat Pendidikan Tinggi, peraturan perundang-undangan. Selanjutnya berdasarkan dokumen internal dan eksternal tersebut dilakukan analisis untuk kemudian dirumuskan menjadi dokumen visi insitusi dalam kurun waktu tertentu. Analisis dilakukan dalam upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan saat ini serta tantangan dan peluang institusi ke depan.
Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan visi dilaksanakan secara partispatif dengan melibatkan semua pihak seperti pimpinan sekolah tinggi, pengelola program studi, pemangku kepentingan terkait dan sejumlah dosen tetap. Selain keterlibatan unsur tersebut juga mengikutsertakan beberapa pihak yang erat dengan aktivitas Sekolah Tinggi seperti Mahasiswa, Alumni, perwakilan dari pihak Industri serta pengguna lulusan atau Stakeholder.
Misi STMIK AMIKOM Purwokerto merupakan deskripsi mengenai tugas, kewajiban, tanggung jawab, dan rencana tindakan yang dirumuskan untuk digunakan dalam pengembangan Tri dharma Perguruan Tinggi dan kami paparkan dengan sangat jelas dan realistik sebagai berikut :
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia berkualitas Berjiwa technopreneur yang sesuai dengan perkembangan imu pengetahuan dan teknologi"
 
Visi Program Studi Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto


Mekanisme penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi dilakukan dengan terlebih dahulu membentuk Tim Perumus yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan. Kemudian tim perumus akan mempelajari sejumlah dokumen yang menjadi acuan secara internal seperti Statuta Institusi dan Visi Misi Institusi, Rencana Strategis (Renstra), Rencana Operasional (Renop) Institusi, Kurikulum, peraturan perundang-undangan. Selanjutnya poin-poin penting dari dokumen tersebut didiskusikan dengan mempertimbangkan dokumen eksternal seperti Dokumen Direktorat Pendidikan Tinggi, Dokumen Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), dan dokumen pendukung lainnya seperti acuan kurikulum dari IEEE dan ACM, serta sejumlah artikel terkait dari majalah, koran, internet dan stakeholder. Selanjutnya berdasarkan dokumen internal dan eksternal tersebut dilakukan analisis untuk kemudian dirumuskan menjadi dokumen visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dalam kurun waktu tertentu. Analisis dilakukan dalam upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan saat ini serta tantangan dan peluang program studi ke depan
Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dilaksanakan secara partispatif dengan melibatkan semua pihak seperti pimpinan sekolah tinggi, pengelola program studi, pemangku kepentingan terkait dan sejumlah dosen tetap. Selain keterlibatan unsur tersebut, berdasarkan arahan dari pimpinan Sekolah Tinggi, juga mengikutsertakan beberapa pihak yang erat dengan aktivitas program studi seperti Mahasiswa, Alumni, perwakilan dari pihak Industri serta Pengguna lulusan atau Stakeholder.
Berdasarkan kerangka kerja diatas, maka visi program studi Teknik Informatika sebagai berikut:
"Unggul dalam pengembangan tren teknologi informasi dalam menyiapkan SDM berkualitas yang berjiwa technopreneur di tahun 2016".

Misi Prodi Teknik Informatika merupakan deskripsi mengenai tugas, kewajiban, tanggung jawab, dan rencana tindakan yang dirumuskan sesuai dengan visi Prodi Teknik Informatika untuk digunakan dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi dan kami paparkan dengan sangat jelas dan realistik sebagai berikut : "Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas berjiwa technopreneur yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi".
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah Komentar di Artikal ini sobat !!!!!!!